Diskominfo – Bandungan : Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Semarang menggelar ‘Sosialisasi dan Workshop E-office Tingkat Kabupaten Semarang Tahun 2022’. Bertempat di Hotel Griya Persada, Bandungan, acara digelar dari 28 hingga 30 November 2022. Penerapan E-office ini dilakukan setelah sebelumnya pemerintah Kabupaten Semarang melakukan kerja sama dengan pemerintah daerah Kabupaten Sumedang. Dalam hal tersebut juga meliputi hibah aplikasi E-office.
Sepuluh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Semarang terpilih untuk mengikuti workshop yang nantinya menjadi pilot project pelaksanaan E-office di masing-masing OPD. Diantaranya, Badan Kepegawaian & Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM), Dinas Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP), Dinas Pencatatan Sipil, Kecamatan Bergas, Kecamatan Bandungan, Kecamatan Banyubiru, Kelurahan Karangjati, Sekretariat Dewan, dan sejumlah bidang di lingkungan Sekretariat Daerah Kabupaten Semarang.
Sub Koordinator Persandian, Diskominfo Kab. Semarang, Dani Kushindarto menyampaikan, 10 OPD terpilih diharapkan dalam minggu kedua bulan Desember 2022, E-office sudah bisa dioperasikan untuk surat menyurat di masing-masing OPD. Untuk selanjutnya menyusul sistem e-Kinerja, dan terakhir setelah kedua sistem diaplikasikan, E-office Desa juga siap direplikasi.
Aplikasi E-office yang diterapkan di setiap OPD Kabupaten Semarang diharapkan akan membantu kinerja ASN dengan tujuan menyederhanakan proses surat-menyurat, perencaanaan, dan penilaian kinerja pegawai. Dani juga menambahkan, sistem E-office ditargetkan mampu diterapakan menyeluruh oleh OPD di Kabupaten Semarang pada Oktober 2023. Dengan penerapan E-office dan E-office Desa juga diharapkan memudahkan, memperlancar, dan mempercepat layanan antar OPD ke OPD maupun OPD ke masyarakat.(*/vega)
Sumber foto : Amaliana Ludfiyani E.Y.
Aplikasi E-office yang diterapkan di setiap OPD Kabupaten Semarang diharapkan akan membantu kinerja ASN dengan tujuan menyederhanakan proses surat-menyurat, perencaanaan, dan penilaian kinerja pegawai, kami sangat mendukung dengan adanya kegiatan E-office. Karena sebelum adanya Aplikasi ini muncul. saya yg menangani persuratan sangat kewalahan , kadang sehari sampe belasan surat, semoga dengan adanya Aplikasi E-office khususnya surat menyurat di kesekretariatan tidak repot lagi
untuk admin e office bisa hubungi kemana untuk kab. semarang.saya dari RSUD dr Gondo suwarno Ungaran
Untuk konsultasi terkait aplikasi e-office bisa menghubungi Nomor telpon Kantor Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Semarang agar nantinya diarahkan ke pengelola terkait. Terima kasih