Berita KabupatenInformasi PemerintahUmum

Evaluasi Internal Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) dan Smartcity Kabupaten Semarang

Diskominfo РUngaran : Untuk mempersiapkan pelaksanaan Pemantauan dan Evaluasi SPBE dan Smartcity, maka Tim Koordinasi SPBE Kabupaten Semarang menyelenggarakan rapat evaluasi internal pada hari Kamis, 23 Juni 2022.

Digelar di Gedung Dharmasatya SETDA Kabupaten Semarang, acara dihadiri oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Semarang, Drs. Djarot Supriyoto, MM, serta Asisten Pemerintahan dan Kesra Tajudinor, AP, MM dan Asisten Administrasi Umum, DR. Partono, SH, MH, serta dihadiri pula oleh serta OPD-OPD terkait.

Dalam paparannya Asisten Pemerintahan dan Kesra menjelaskan bahwa pola berpikir cerdas dalam Smartcity ditunjang dengan SPBE yang baik sangat berperan penting dalam Reformasi Birokrasi.

Bahwa secara umum Smartcity mencakup semua area perubahan sebagai upaya mendasar dan menyeluruh dalam pembangunan aparatur negara untuk akselerasi pencapaian birokrasi berkelas dunia, serta mampu memecahkan berbagai persoalan masyarakat dengan inovasi-inovasi yang cerdas.

Sedangkan Asisten Administrasi Umum menyoroti bahwa secara khusus SPBE ditempatkan pada area perubahan tata laksana dimana penerapan sistem, proses, dan prosedur kerja yang transparan, efektif, efisien, dan terukur didukung oleh penerapan SPBE.

Pemantauan dan Evaluasi SPBE dan Smartcity dilaksanakan untuk menilai sejauh mana penerapan konsep Smartcity dan SPBE pada Instansi Pusat dan Pemerintah Daerah dapat berkontribusi pada kemajuan reformasi birokrasi. Pemantauan dan Evaluasi tersebut dilakukan dengan mengukur tingkat kematangan (maturity level) pada Instansi Pusat dan Pemerintah Daerah.

Disepakati bahwa untuk tahun 2022 target minimal SPBE Kabupaten Semarang adalah 3,04, sehingga dapat mendukung pencapaian Smartcity Kabupaten Semarang. Oleh sebab itu dibutuhkan kerjasama dan kerja cerdas dari seluruh pihak untuk mencapainya.(*/vega)

Comment here