Berita KabupatenUmum

Pelayanan Online Jadi Andalan Banyubiru Di Lomba Desa

Diskominfo-Banyubiru : Banyubiru melaju sebagai salah satu kandidat desa terbaik dalam lomba perkembangan desa tingkat Jawa Tengah tahun 2021. Dari 29 desa unggulan se Jawa Tengah, desa penyangga pangan Kabupaten Semarang di lereng Gunung Kelir ini dinyatakan masuk tiga terbaik. “Paparan data dan potensi desa yang diajukan dinilai layak menjadi yang terbaik. Kami melakukan verifikasi lapangan untuk melihat langsung guna menentukan yang terbaik bersaing dengan dua desa unggulan lainnya,” terang Ketua Tim Penilai lomba, Agus Suranta saat penerimaan tim di Balai Desa Banyubiru, Jumat (28/5/2021) pagi.
Kepala Desa Banyubiru, Sri Anggoro Siswaji menjelaskan salah satu inovasi yang dilakukan adalah pelayanan umum berbasis teknologi informasi. Warga bisa mengurus berbagai surat keterangan dari desa lewat aplikasi di telepon genggam. Hal itu dinilai efektif terutama saat pandemi Covid-19 saat ini. Selain itu, penyelesaian administrasi kependudukan dan bahkan pembayaran pajak desa bisa dilakukan lewat gawai. “Kami juga memanfaatkan internet untuk menawarkan aneka produk unggulan desa. Semacam toko online untuk memperluas pemasaran berbagai hasil usaha warga,” terangnya.
Potensi alam Desa Banyubiru memang melimpah. Bahkan Anggoro mengatakan ada potongan surga yang dititipkan Tuhan kepada warga Banyubiru. Karenanya, Pemdes juga membentuk Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) untuk mengelola potensi ekonomi desa.
Sementara itu Bupati Semarang H Ngesti Nugraha saat sambutan selamat datang menegaskan komitmen Pemkab Semarang untuk mendorong inovasi dan kreasi pembangunan desa. Stimulan yang diberikan antara lain pembuatan regulasi dan penguatan kelembagaan pemerintahan desa. “Pelayanan pemerintahan desa bersentuhan langsung dengan warga. Karenanya Kita upayakan keterpaduan program kerja dengan pemberdayaan masyarakat,” katanya.(*/junaedi)

Comment here