Berita KabupatenUmum

Aplikasi “KLIENKU” Dukung Efisiensi Kinerja Keuangan Barenlitbangda

Diskominfo – Ungaran : Guna menciptakan kinerja pengelolaan keuangan yang transparan dan akuntabel, Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Barenlitbangda) Kabupaten Semarang meluncurkan aplikasi “KLIENKU” atau Klinik Layanan Informasi dan Konsultasi Keuangan. Selain meningkatkan mutu pengelolaan keuangan internal, aplikasi itu juga dapat dimanfaatkan oleh pelaku usaha dan unsur masyarakat lainnya. Layanan ini secara resmi diperkenalkan kepada publik oleh Kepala Barenlitbangda Muhammad Muslih di aula lantai II Kantor Barenlitbangda di Jalan Gatot Subroto No 20, Bandarjo, Ungaran, Kamis (24/8/2023) siang.
Hadir pada acara itu Prof Dr Dra Edy Dwi Kurniati, SE, MM dari Undaris Ungaran, perwakilan Inspektorat, Diskominfo, BKUD, Kepala Bagian Pengadaan Barang dan Jasa, Kepala Bagian Administrasi Pembangunan, Kepala Bagian Organisasi serta perwakilan tokoh masyarakat dan pelaku usaha.
Penggagas aplikasi “KLIENKU”, Juni Ambarwati, SE, MAk menjelaskan layanan digital ini merupakan sebuah terobosan untuk memberikan ruang dan sarana konsultasi keuangan. Selain itu juga untuk menyampaikan informasi keuangan bagi para pengelola keuangan di internal Barenlitbangda maupun khalayak ramai.
Ide layanan digital ini merupakan aksi perubahan yang dibuat oleh Kasubag Keuangan Barenlitbangda ini sebagai salah satu prasyarat mengikuti Pendidikan dan Pelatihan Kepemimpinan (Diklatpim) Pengawas Angkatan II di Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah (BPSDMD) Provinsi Jawa Tengah tahun 2023.
Diterangkan oleh Juni, isu strategis yang mendorong terbentuknya aksi perubahan ini adalah masih adanya temuan atas hasil audit keuangan pada Barenlitbangda. Layanan KLIENKU ini bertujuan untuk meningkatkan efektivitas pengelolaan keuangan OPD. Sehingga temuan atas hasil hasil audit dapat ditekan seminimal mungkin. Sekaligus mendukung kinerja keuangan pada Barenlitbangda secara efisien transparan dan akuntabel. Hal ini juga sejalan dengan tujuan Reformasi Birokrasi yaitu mendukung digitalisasi dari berbagai bidang.
Layanan KLIENKU ini terdiri dari 2 (dua) jenis yaitu layanan Informasi Keuangan dan layanan Konsultasi Keuangan.
Layanan informasi keuangan digital berupa pengembangan dan pemanfaatan website utama Barenlitbangda yang bisa diakses di alamat : barenlitbangda.semarangkab.go.id

Fitur KLIENKU pada website tersebut terdiri dari 5 (lima) menu yang dapat diakses publik. Yakni informasi dan dokumentasi, peraturan keuangan, laporan keuangan, realisasi keuangan dan video tutorial.
Sedangkan Layanan konsultasi digital KLIENKU masih terbatas penggunaannya untuk pengelolaan keuangan internal Barenlitbangda Kabupaten Semarang.
Kepala Barenlitbangda Kabupaten Semarang berharap inovasi ini akan dapat dimanfaatkan lapisan masyarakat secara luas. Sehingga dapat diciptakan adanya inklusi keuangan masyarakat. Layanan digital “KLIENKU” diharapkan juga bisa diadopsi oleh SKPD lain. “Kita berharap Barenlitbangda dapat bekerja sama dengan OPD terkait guna memberikan ruang konsultasi yang lebih representatif bagi masyarakat Kabupaten Semarang,” pungkasnya.(*/junaedi)

Comment here